post

Tempat Promo Bisnis Secara Gratis Tanpa Keluar Modal

Tempat Promo Bisnis Secara Gratis – Ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis online. Faktanya ada lebih dari 10 tempat yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan bisnis kita secara gratis. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk membayar iklan dan menjangkau calon pembeli.

Pada artikel ini kami akan mencoba membahasnya untuk Anda. Harapannya apa yang kami bahas ini bisa menjadi kabar gembira untuk para pebisnis online yang anggaran iklannya terbatas atau bahkan tidak punya.

Akan tetapi jika Anda punya anggaran untuk beriklan, kami sarankan agar Anda tetap beriklan. Ini bukan tanpa alasan. Alasannya adalah karena dengan beriklan prosesnya lebih terukur dan hasilnya bisa lebih cepat terasa daripada dengan menjalankan promosi bisnis online gratis ini.

Berikut Tempat Promo Bisnis Secara Gratis

Ada lebih dari 10 tempat promosi bisnis online gratis yang bisa kita gunakan. 10 tempat tersebut antara lain :

Facebook

Facebook adalah sosial media terbesar dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia hingga saat ini. Dengan fakta tersebut menjadikan Facebook sebagai tempat promosi bisnis online yang baik untuk kita.

Facebook memang menyediakan fitur iklan yang bernama Facebook Ads. Kita tinggal membayar Facebook Ads dan mereka akan bekerja untuk kita. Namun meskipun begitu bukan berarti kita tidak bisa berpromosi dan menjangkau calon pembeli kita di Facebook secara gratis. Ada tempat-tempat di Facebook yang bisa kita gunakan, yang diantaranya :

  1. Facebook Personal Account
  2. Facebook Page
  3. Facebook Page Stories
  4. Facebook Group
  5. Facebook Story
  6. Facebook Live
  7. Facebook Event

Pinterest

Pinterest mungkin tidak sepopuler di luar negeri. Tetapi jika merujuk fakta-fakta tentang Pinterest maka kita tidak akan melewatkannya untuk mempromosikan bisnis online kita secara gratis.

Salah satu fakta yang menarik adalah sebanyak 72% pengguna mengatakan bahwa Pinterest memberikan inspirasi kepada mereka untuk berbelanja ketika mereka sedang tidak ingin membeli sesuatu. Bisa kita bayangkan betapa kuatnya pengaruh Pinterest terhadap keputusan dalam berbelanja. Ada banyak orang yang semula tidak ingin membeli sesuatu, begitu melihat Pinterest mereka jadi terinspirasi untuk membeli.

Tidak berbeda dengan Facebook, di Pinterest ada beberapa tempat promosi bisnis online gratis yang bisa kita gunakan, diantaranya :

Pinterest Communities

  • Pinterest Tribes
  • Pinterest Group Boards
  • Pinterest Boards

Instagram

Saat ini Instagram merupakan salah satu website dengan pengguna terbanyak di dunia. Bersanding Facebook dan juga Youtube. Dengan pengguna yang sangat banyak dan didominasi oleh kaum milenial, Instagram menjadi tempat promosi bisnis online gratis yang tidak bisa kita lewatkan begitu saja.

Sama halnya dengan Facebook dan Pinterest, Instagram juga punya tempat-tempat gratis untuk mempromosikan bisnis online kita, yang diantaranya :

  1. Instagram Posts
  2. Instagram Stories
  3. Instagram Live
  4. Instagram TV
  5. Twitter

Meskipun pengguna aktif Twitter di Indonesia tidak sebanyak beberapa tahun lalu, tetapi Twitter tidak bisa kita sepelekan. Hal ini dikarenakan Twitter masih punya basis pengguna yang cukup loyal. Hal ini terbukti dengan banyaknya berita viral yang awalnya berawal dari (hashtag di) Twitter.

Adapun tempat promosi bisnis online gratis yang bisa kita gunakan di Twitter antara lain :

  • Group Conversation
  • Direct Message

Youtube

Saat ini Youtube juga mempunyai predikat sebagai salah website dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia. Bedanya dengan website lain, Youtube berfokus pada konten video. Ada jutaan video yang diupload dalam sehari di seluruh dunia. Dan ini punya peluang yang bagus sebagai tempat mempromosikan bisnis online secara gratis.

Tempat yang bisa kita gunakan untuk berpromosi antara lain :

  1. Youtube Channel
  2. Youtube Live

Itulah beberapa tempat promosi bisnis online yang bisa kita gunakan secara gratis. Daftar ini tidak berhenti sampai di situ saja. Masih ada banyak tempat-tempat gratis yang bisa kita pakai. Dan ini akan tetap kami update secara bertahap.

Demikian sedikit tulisan tentang tempat promosi bisnis online gratis ini. Mudah-mudah bermanfaat dan sampai bertemu di artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *